Al Muawwidzatain

Assalamu’alaykum..

Ikhwati fiddin, pada kesempatan ini ane mau sedikit berbagi apa yang udah ane dapatkan saat belajar di SMA. Pada pelajaran tafsir Al Qur’an, ada yang namanya Al Muawwidzatain. Apa tuh mksdnya? Maksudnya adalah dua surat permohonan perlindungan. Surat tersebut adalah S. Al Naas dan S. Al Falaq. Surat-surat yang pendek kan?  tapi manfaatnya besar ^^.  Mengenai asbabun nuzul (sebab-sebab turun) al muawwidzatain ini dapat antum simak dari cerita berikut ini,

Rasulullah SAW disihir/disantet oleh seorang yahudi bernama Labid bin A’sham. Sihir yang dilakukan oleh orang yahudi tersebut membuat Rasulullah SAW menderita dan beliau tidak mengetahui apakah sakit beliau. Suatu ketika saat Rasulullah SAW tidur, tiba-tiba datanglah dua malaikat. Satu malaikat duduk di sisi kepala beliau dan satu yang lain duduk di dekat kaki beliau. Malaikat yang berada di sisi kepala beliau berkata kepada malaikat yang satunya, “Apakah sakitnya?”, maka dijawab malaikat yang lain,”Dia disihir”.

“Siapa yang menyihirnya?”

“Labid bin A’sham”.

“Dengan apa dia menyihir Nabi SAW?”

“Dengan gigi sisir, rambut dan seludang mayang korma yang ada di dzi arwan, yakni di bawah dinding sumur.”

Ketika pagi hari, Rasulullah SAW bersama para shahabat pergi ke sumur tersebut, lalu seorang laki-laki turun dan mengeluarkan seludang mayang dari bawah dinding sumur, ternyata di sana ada pula gigi sisir Rasulullah dan beberapa rambut kepala beliau. Ada pula patung dari lilin, yaitu patung Rasulullah dan ada jarum dari batang kayu yang ditancapkan dan diikat dengan sebelas ikatan. Kemudian Jibril datang dengan membawa al muawwidzatain tersebut (Al Falaq dan An Nas) seraya berkata,”Ya Muhammad, Qul a’udzubirobbil falaq”, maka terlepaslah satu ikatan. “Min syarri maa kholaq”, maka terlepas satu ikatan yang lain. Sampai selesai Al Falaq dan An Nas dibaca, maka terlepaslah seluruh ikatan.

Subhanallah, seperti itulah kedahsyatan al-muawwidzatain.. Walaupun cuma beberapa ayat, manfaatnya sangat luar biasa. Ngomong-ngomong soal al-muawwidzatain, Rasulullah SAW selalu membaca 2 surat ini (Al Falaq dan An Nas) sebelum tidur, kemudian meniupkan ke tangan, dan mengusapkan ke seluruh tubuh.. Hal ini beliau lakukan sebagai perlindungan dari gangguan syaithon dan sihir saat beliau tidur..

One thought on “Al Muawwidzatain

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s