Menulis SourceCode di Blog

Assalamu’alaikum, kawan…
Ane mau share sedikit tips nih buat kalian, para pengunjung setia blog ane (kalo ada sih :P). Sedikit tips tentang posting di blog. Sebagai anak Teknik Informatika tentu saja tak lepas dari yang namanya programming (ga mesti anak TI jg tak apa” kok). Dari pengalaman ane di bidang web programming (jiaah.. pdahal kenal baru seumur jagung), kita tidak bisa lepas dari yang namanya tag. Apa sih yang dimaksud tag? Hmmm, apa ya.. sulit deh dijelasin dengan kata-kataπŸ˜›. Intinya, tag itu kalo di HTML biasa diapit dua tanda kurung lancip, pasti ngerti kan??

Belajar dari pengalaman, kalo kita menulis sebuah kata yang diapit tanda kurung lancip di blog, saat diupload tidak akan tampil di posting-an kita. Tanya kenapa? Mungkin kata yang diapit itu dikira tag (tambahan info: dlm web programming, tag nantinya tidak ditampilkan). Maka dari itu, kali ini ane mau share tentang cara posting source code yang memakai tag tentunya.

Untuk menulis sourcecode di blog, ane pakai SyntaxHighlighter. Keistimewaannya, ada warnanya dan nomor barisnya. Cara penggunaannya sangat simpel, mudah, tidak bikin pusing deh. Cukup di tulis seperti ini


Langsung aja ane demo-kan hasilnya, misal menulis “hacked by m4d3su” dengan bahasa HTML,


<html>
<head><title> m4d3su w4s h3r3 </title></head>
<body>
hacked by m4d3su
</body>
</html>

2 thoughts on “Menulis SourceCode di Blog

Leave a Reply

