Just a Part of My Life (bag 2)

July 2011


Hufh.. tak terasa sehabis lebaran ini udah masuk semester ke-5, berarti udah 2 tahun ane mengenyam bangku kuliah (hmm, nyam-nyam.. atos). Banyak sekali pelajaran dan pengalaman yang telah ane dapat selama di Jogja ini. Meskipun masih jauh dari yang ane harapkan sih, tapi tak apalah.. harus lebih giat. Setengah perjalanan menuju kelulusan, insyaALLAH ane bisa lulus kuliah tepat waktu (amiin ^^). Kebanyakan orang jika ditanya,”Setelah lulus mau ngapain?” mesti kebanyakan menjawab cari kerja. Tak heran seringkali orang-orang menganggap bahwa pekerjaan itu lebih penting dari pendidikan. Belajar di perkuliahan untuk cari kerja, kalo udah punya kerja berarti ga usah belajar/kuliah dong. (Weee… ga bisa seperti itu juga kale). Coba kita masuk ke pertanyaan selanjutnya dengan utak-atik dikit kalimatnya. “Setelah dapet kerja mau ngapain lagi?” sepertinya kebanyakan akan menjawab “nikah”. Tapi kok ga ada ya… yang beranggapan kalo udah nikah berarti ga usah kerja dan ga usah belajar. (Hehehehe… sungguh aneh)

….. secara tiba-tiba, waktu seolah-olah terhenti | kok isoh nyasar ngene nulise…. Pokoke lanjut!!Β  >_<

Belajar itu penting banget apalagi buat masa muda seperti ini. “masa muda = belajar? heellloo, hare gene gitu lho… masa muda itu foya-foya, tua kaya raya, mati masuk surga” Itulah slogan aneh dalam memaknai hidup yang pernah ane denger waktu SMA. Coba deh pikir dengan pikiran yang waras dan hati yang bersih.

“Bagaimana bisa, masa muda hanya foya-foya masa tua jadi kaya raya?” (bisa dong kalo dapet warisan.. :P)
“Ya kalo ninggalin harta warisan.. kalo enggak gimana? Nah loe..
“Apalagi kalo mate mana bisa masuk surga kalo idup cuma foya-foya?” (ya kira-kira kalo udah mau mate, tobat dumz..)
“Buset dah, masih aja mbantah”

Kalo dipikir dengan pikiran sehat/waras dan hati yang jernih.. Tidak akan bisa terjadi, kemungkinan kalo emang terjadi sih cuma faktor keberuntungan. Masa sih hidup ini cuma mau dipake untuk untung”an tanpa usaha dengan keras untuk mencapai apa yang kita inginkan.. (Ga gue bgtz deh..)

Mumpung masih muda, kawan… Mari banyak belajar dan mencari pengalaman, banyak membaca, banyak melakukan hal-hal positif. Sebelum datang masa tua kita atau bahkan datang kematian kepada kita. Jangan pernah tunda-tunda lagi beramal sholeh jika ada kesempatan sekarang. “Ah.. nanti aja jg bisa!” (padahal antara kemauan dan waktu lebih banyak kemauan kita). Mungkin seringkali kita menyepelekan waktu seperti itu… Coba kita renungkan bersama, misalnya sebagai mahasiswa kita menunda tugas/proyek akhir semester, kita kerjakan sebulan atau seminggu atau mungkin h-3 sebelum deadline (lha ini, gue bgtz.. bukan untuk ditiru :P).. tentu saja hasilnya akan beda dengan yang mengerjakan/mencicilnya sejak awal diberi tugas. “Yee… copas dong biar sama hasilnya”. Bisa juga sih seperti itu, tapi sangat disayangkan justru yang sangat penting adalah proses-proses yang dijalani untuk mencapai hasil itu. Banyak pelajaran yang bisa kita ambil saat proses itu berlangsung. Ga percaya?? Karepmu!! >_<

Mumpung masih muda, kawan.. Belum tentu yang kita tunda di masa muda ini, bisa kita kerjakan saat tua nanti. Saat tua nanti, mungkin kita tak bisa lagi untuk membaca buku, menulis blog seperti ini, menghafal Al Qur’an, berolah raga, berpetualang mencari pengalaman, dan banyak yang lain. Saat tua nanti, rasanya ingin melakukan semua itu… tapi mungkin tubuh kita yang semakin tua semakin menurun kondisinya yang membuat tidak bisa melakukannya. Tubuh kita semakin melemah, mata kita semakin kabur pandangannya, semakin banyak hal yang memenuhi pikiran kita, sibuk dengan pekerjaan sehingga tak sempat untuk berpetualang, dan masih banyak yang lagi. Maka dari itu, mumpung masih muda, kawan… banyak belajar dan mencari pengalaman agar tak ada penyesalan di masa tua nanti.

SaladinReborn

Inspired from: Selagi Masih Muda | DR. A’idh Al-Qarni, MA

2 thoughts on “Just a Part of My Life (bag 2)

  1. hidayat ali says:

    wah,,,
    tulisan ny sngat menginspirasi saya,,,,
    muda foya-foya,,, tua kaya raya,, mati masuk sorga,,πŸ˜€
    hahaha

    nice share kang,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s