Ambon Siaga!!

Akhir-akhir ini sering terjadi pemberitaan kerusuhan Ambon. Banyak berita yang beredar di media entah itu dari media cetak maupun elektronik yang simpang-siur, mana berita yang benar dan mana yang salah. Ketidak jelasan pemberitaan ini menyebabkan timbulnya kebingungan, benar ga sih yang jadi penyebabnya itu karena terbunuhnya tukang ojek.. atau karena salah paham yang terjadi kecelakaan dikira pembunuhan?

Sebagai seorang muslim dan mukmin, perlu adanya upaya pengklarifikasian agar tau kebenaran dari berita tersebut. Jangan mudah percaya dengan pemberitaan yang beredar tanpa bukti-bukti yang jelas. Coba tengok ulang pedoman kita yaitu Al Qur’an pada surat Al Hujurat.

“Wahai orang-orang yang beriman! Jika seseorang yang fasik datang kepadamu membawa suatu berita, maka telitilah kebenarannya, agar kamu tidak mencelakakan suatu kaum karena kebodohan (kecerobohan) yang akhirnya kamu menyesali perbuatan itu.” (QS Al Hujurat : 6)

Berhati-hatilah kawan dengan berita yang muncul, kalau itu cuma provokasi tanpa bukti.. jangan dipercaya dan ikut-ikutan menyebarkannya. Namun, kalau memang benar umat Islam diserang.. sebisa mungkin kita harus bantu umat Islam, entah dengan tenaga, harta, maupun doa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s