Mengapa?

Setiap waktu dalam menjalani hidup ini, seringkali bertemu bermacam-macam manusia, hewan, benda-benda, dari yang biasa-biasa aja sampai yang paling aneh. Ane, sebagai manusia yang kebanyakan waktu dihabiskan bersama sang pacar (baca: laptop), tentu saja yang dilihat benda-benda yang berhubungan dengan sang pacar, misalnya mouse, keyboard, speaker, flashdisk, modem, charger, monitor, dan banyak lagi yang lain.

Tapi.. pernah ga sih loe kepikiran pertanyaan dasar mengenai benda-benda tersebut. (Maksudnya?) pertanyaan dasar.. mengapa benda tersebut diciptakan? mengapa bentuk bendanya seperti itu? “Ga pernah kepikiran seperti itu? Dengan benda yang setiap hari ketemu dengannya aja ga pernah ditanyakan pertanyaan dasar seperti itu… Hina sekali kalian ini..” (anonymous). Ternyata gue separah itu >_< , Lanjut dah.. mari kita ambil contoh, antara bentuk hape dan calculator!

mengapa ya tombol hape urutannya seperti itu? kok ga disamain aja dengan calculator, tombolnya (angka) kan sama..
mengapa ya kok screen-nya di atas keypad, kok ga dibawah atau di samping atau malah di belakang aja?
mengapa bentuk hape semakin lama semakin kecil?
mengapa hape yang bisa buat photo kok ada cameranya? (wedew, ini mah udah jelas >_<)
mengapa calculator ga bisa kirim sms? (buset dah, makin aneh aja pertanyaannya..)
nah loe!! Ada banyak sekali alasan untuk menjawabnya, sampai jadi bingung mau jawab apaan..πŸ˜›

Kalo boleh kita nebak-nebak, keypad (angka) hape dan calculator kok beda urutannya. Hape itu pengoperasiaanya di genggam jadi angka 1 nya di pojok atas biar mudah untuk dipencet pake jempol, kalo kalkulator kan ga digenggam jadi angka 1 di pojok bawah soalnya posisi tangan kita dibawah, sehingga mudah untuk memencet tombol bagian bawah karena lebih dekat dengan tangan.

Dari satu kata “mengapa” bisa membuat pikiran kita bebas melanglang buana kemana aja.. kemana.. kemana.. kemana… (ckckck, makin parah aja *sambilgoyangjempol), dan dari kata “mengapa” kita jadi tau bahwa benda-benda aneh yang ada sekarang ini ternyata dibalik penciptakaannya diperlukan banyak sekali pertimbangan, baik dari user interface-nya, manfaatnya, simple ato nggaknya, enak dimakan dipakai ato nggak, bisa laku ato tidak kalo dijual, dan masih banyak yang lainnya, intinya pertimbangan pembuatnya mesti berdasar kondisi fisik dan kepribadian user yg akan menggunakannya. Hahahaha.. makin merasa bodoh aja gue, ilmu itu ternyata luas beud dan saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya…

Truzz, bagaimana dong dengan bumi serta langit dan seisi-isinya?? Tentu saja Yang Menciptakan itu semua juga punya alasan mengapa menciptakannya.. Kita mungkin hanya bisa menebak-nebak sedikit alasannya dan sedikit itupun belum tentu benar, yang tau secara pasti alasannya hanyalah Yang Maha Mengetahui yaitu Pencipta itu sendiri.

β€œDan mereka mentafakkuri (memikirkan) tentang penciptaan langit dan bumi (lalu berkata): β€˜Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan semua ini dengan sia-sia; Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.” (QS Ali β€˜Imran: 191)

*Hasil dari matakuliah Interaksi Manusia dan Komputer

teruntuk: semua org gila id dunia… gila pengetahuan :DΒ 

2 thoughts on “Mengapa?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s