Galau

Detik-detik yang berlalu semakin menambah tua usia kita. Mungkin waktu kita masih di bangku SD, pengin rasanya cepet-cepet masuk SMP. Bayangkan aja, 6 tahun bro.. baju kgak ganti-ganti. Baju Putih – Celana Merah. Selanjutnya, kehidupan di SMP kemudian kita jalani bersama teman-teman yang “baru” dengan bermacam-macam karakter masing-masing. Namun, lama-lama bosan juga dengan kehidupan di SMP, pengin cepet-cepet masuk SMA, masa putih abu-abu. “Masa SMA, masa yang paling indah dalam hidup”, kata orang sih… Kehidupan SMA pun menyambut kedatangan kita, semakin banyak pula teman-teman yang kita kenal. Di usia SMA inilah awal karakter pribadi kita mulai terbentuk. Membentuk genk-genk bermain, bolos bareng, kabur saat jam pelajaran dan sebagainya… Tapi gue nggak seperti itu lhoo.. Menurut pengalaman ya, 3 tahun di SMA itu rasanya cepet banget… Tiba-tiba aja udah sibuk try-out persiapan UAN dan UAS. Sekolah semakin terasa malas dan jadi pengin segera lulus. Akhirnya UAN pun selesai dengan nilai yang sesuatu banget, hahaha… Mulailah masuk ke masa-masa pencarian universitas, muter-muter kesana-kemari, browsing lewat google, ikut bimbingan belajar, try out untuk SNMPTN dan sebagainya menjadi agenda harian saat itu. Saking pengin banget merasakan menjadi mahasiswa… Walaupun terkadang ada yang bingung juga kalo ditanya kuliah itu buat apa? Yang penting… Yeah mahasiswa. Dunia ini emang aneh ya, tak terasa sudah sampe universitas.. Padahal baru 1 paragraf doang, hehehe..

Tahun pertama perkuliahan telah terlewati, kemudian tahun kedua-pun juga telah terlewati. Sekarang, setengah perjalanan di tahun ketiga sudah hampir selesai. Namun, semuanya berubah sejak negara api menyerang,Β berbeda dengan masa-masa sekolah dulu. Kita pengin cepet-cepet lulus sekolah, tapi setelah sampai setengah perjalanan di perkuliahan malah pengin balik lagi ke masa sekolah dulu. Pengin kembali untuk memperbaiki masa lalu yang terasa suram bagi kita. Yaah.. tapi apa daya, semua yang telah berlalu tak dapat kembali lagi…

Takut menghadapi masa depan!!Β Itulah sebenarnya problem utama yang sering dihadapi mahasiswa angkatan tua dalam kegalauannya. Bener kgak? Jujur aja… gue jg ngrasain kok. Sebenarnya yang ditakutkan itu bukan takut terhadap mimpi-mimpi kita yang terlalu tinggi, tapi takut tidak tahu apa yang bisa kita lakukan di masa depan nanti. Pernah kgak kalian kepikiran setelah lulus nanti mau ngapain? Kalo emang sudah punya rencana-rencana jangka pendek dan panjang, ya… baguslah, tingkatkan!! Berarti kalian sudah punya solusi untuk memecahkan problem utama ini.

Membuat perencanaan-perencanaan untuk masa depan itu penting. Mengenai hasil implementasi perencanaan, itu sih urusan belakangan. Dalam buku Software Engineering karangan R.Pressman, dijelaskan bahwa untuk menyelesaikan masalah itu diperlukan beberapa langkah. Seingat gue sih 4 di bawah ini:

Pertama, Analisis.
Coba analisis terlebih dahulu masalah yang sedang dihadapi. Bagaimana masalah itu bisa muncul, kemudian dipikirkan bagaimana seharusnya yang dilakukan agar masalah itu tidak ada.

Kedua, Desain.
Desain disini bukanlah desain baju, sticker, kaos, dsb. Akan tetapi, desain rencana-rencana yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah yang ada. Perlu diketahui juga, solusi itu tidak hanya satu, tetapi bisa sangat banyak, dan mungkin akan berbeda-beda tergantung kasus yang sedang kita hadapi.

Ketiga, Implementasi.
Tentu saja implementasi dari rencana-rencana yang sudah didesain sedemikian rupa. Tak akan ada artinya perencanaan tanpa realisasi.

Keempat, Evaluasi.
Setelah ketiga langkah dikerjakan, mulai dari analisis, desain, dan implementasi, maka perlu dilakukan evaluasi sudah atau belum berhasilkah rencana yang telah kita susun. Jika satu belum berhasil, tak perlu khawatir. Kegagalan adalah proses dari keberhasilan. Masih ada seribu rencana lain yang telah kita siapkan sebelumnya.

Goodbye, Galau… I’ll never miss you..

Saladin Reborn (Edisi Galau)

4 thoughts on “Galau

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s