KP oh KP…

Berawal dari sebuah kisah nyata tanpa rekayasa. Kisah seorang mahasiswa yang ikut dalam sebuah proyek yang begitu menggiurkan bagi mahasiswa semester tengah-tengah saat itu. Proyek itu sebut saja bunga.. eh “Proyek Cuci Gudang”. Memang sih agak aneh juga sebutannya, buat apa gudang pake dicuci? tapi emang seperti itulah nama apa adanya. Proyek ini mempunyai tujuan agar mahasiswa tidak terlalu lama berada di kampus, cukup 3.5 atau pas 4 tahun aja. Oleh karena itu, ada beberapa matakuliah yang biasanya bisa diambil semester 7, tapi boleh diambil di semester 6, salah satunya adalah Kerja Praktek. Memang sih kelihatan asik, materi jadi cepat selesai, tapi semester ini menjadi semester paling padat dari sebelumnya.

Ngomong-ngomong tentang Kerja Praktek, ada yang agak lucu mengenai Kerja Praktek di semester 6 ini. Apa itu yang lucu? Tempat kerja praktek ternyata sudah persiapkan, yaitu di lingkungan kampus sendiri. Ada yang KP di fakultas, prodi, pksi, dan laboratorium, tentunya dengan pekerjaan yang berbeda-beda walaupun ada juga yang sama.

Apa untungnya bagi mahasiswa? (KP di kampus sendiri)

  • Bisa cepat kerja praktek, sehingga ada kemungkinan untuk lulus dengan waktu cepat pula.
  • Mahasiswa ga perlu capek untuk bolak-balik kampus > kos > kantin > tempat KP, karena tempat KP-nya di kampus sendiri.
  • Menjadi kebanggaan tersendiri dapat berkontribusi untuk kampus yang dicintai… ceilee so sweet bgtz, 1.. 2.. 3.. Yakin?

Apa untungnya bagi instansi kampus?

  • Proyek Cuci Gudang akan berjalan lancar. Aseek, akreditasi ntar bisa meningkat.. eh keceplosan,
  • Tidak perlu membayar orang luar untuk mengerjakan sesuatu tentang IT di instansi, misalnya membuat web, konfigurasi jaringan, audit sistem jaringan yang sudah ada, dan sebagainya. Hemat deh pokoknya.
  • Tidak kerepotan mencari mahasiswa yang hilang dalam pelaksanaan KP. Lho, hilang kemana? Ane ga tau juga sih, tapi menurut mitos yang ada memang seperti itu.

Ada untung biasanya ada rugi juga, apa sih kerugiannya?

Kalo bagi instansi kampus sih ga ngerti, tapi kalo bagi mahasiswa antara lain:

  • Jadi tambah sibuk di semester ini, terlebih lagi bagi orang seperti ane ini yang masih ngambil sampe 24 sks. (pendalaman materi)
  • Waktu yang tersedia lebih sulit untuk diatur (time management).. Bruakakak, gaya bgt.. emang pernah me-manage waktu?
  • Terkadang harus rela untuk tidak pulang kampung dalam waktu yang lama. Pasti yang di rumah udah kangen banget sama ane.. Okaasan, oneesan, imoutosan, otoutosan.

Inilah hidup, ada untung ada rugi. Jalani aja dengan langkah tegap, maju.. jalan. Selalu positive thinking, bahwa antara instansi dan mahasiswa terjalin hubungan saling menguntungkan, bagi anak biologi.. eh bagi anak SD sering dikenal simbiosis mutualisme. Semangat!!

Special for:
teman-teman yang lagi menggalau dan menggila mengerjakan KP
orang-orang yang nyasar di sini

4 thoughts on “KP oh KP…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s