bingung_282_29

Proposal Skripsi Dadakan

Yak, penyaji terakhir silakan maju..”

Dengan langkah penuh percaya diri, kulangkahkan kakiku menuju depan ruang seminar proposal. Sorak-sorai teman-teman dan peserta yang hadir di seminar proposal mengiringi langkahku, membuat suasana ruang seminar menjadi ramai. Entah itu dukungan, ekspresi kebahagiaan karena seminar sebentar lagi selesai, atau malah tertawaan.. yang ada dalam benakku saat itu adalah “Lakon teka keri“.

Sebelum mulai presentasi, kuucapkan salam terlebih dahulu kepada semua yang hadir di seminar itu. Terlihat wajah teman-temanku seangkatan, senasib (mungkin), dan seperjuangan. Pikiranku melayang melanglangbuana… Haah, sudah (kurang lebih) tiga setengah tahun… Seolah semuanya terjadi begitu cepat, tak terasa diriku sudah sampai melangkah sejauh ini. Hahahah…

Oh iya, sebenarnya cerita ini dimulai hari Jum’at yang lalu. Hari Jum’at yang mendung, tanpa petir yang cetar membahana.

bingung_282_29

man jadda wajada

Jum’at (4/1/2013)

Setelah sholat shubuh dan ngaji, langsung ku-hidupkan laptop. Dengan semangat ’45 kukerjakan proposal skripsi yang belum satu kata pun yang sudah aku tuliskan… Kuulangi lagi, belum satu kata pun yang sudah aku tuliskan. Parah memang, tapi dalam benak sudah dapat gambaran apa yang akan aku kerjakan coz udah dapat judul… hehehe. Dalam pengerjaan proposal, latar belakang sengaja kukerjakan paling akhir karena menurutku bagian itu yang paling sulit. Perlu membaca banyak referensi untuk bisa menulis latar belakang. Scrum, agile, extreme programming, pair programming, kanban, test driven development, aaarrrgghh… berbagai metode pengembangan sistem muncul di pikiranku. Itu gara-gara sejak dua hari yang lalu cuma baca-baca kayak begituan aja. Dan akhirnya dengan mantab gue pilih metode scrum. Apa itu SCRUM? Gue juga ga ngerti secara detailnya, yang penting tulis aja.. hahahaha.

Oh iya, sekilas tentang judul, judul biasanya sih terdiri dari beberapa bagian dari jawaban pertanyaan berikut: (ilmu ketika bimbingan KP dengan Pak Aulia)

  1. Apa yang akan kalian buat?
  2. Apa kegunaan yang sistem yang kalian buat?
  3. Dimana studi kasus pengembangan sistemnya?
  4. Apa cara/metode yang digunakan?

Misalnya: (judul laporan KP gue doeloe)

Pemanfaatan Facebook Page pada Website Prodi TIF sebagai Media Penyebaran Informasi Otomatis di Prodi Teknik Informatika”

—— next ——

Selanjutnya, Latar Belakang. “Latar belakang seharusnya bisa menjawab perntanyaan “mengapa” terhadap semua yang tertulis di judul.”, kata Pak Dosen waktu ada kuliah Metopen. Mengapa membuat ini? Mengapa menggunakan metode ini? dsb. Alhamdulillah, banyak sumber-sumber yang membahas metode Scrum, baik tulisan maupun video di Youtube. Jadi, bisa agak lancar waktu nulis latar belakangnya. Singkat cerita, menjelang sholat Jum’at proposal sudah selesai. (Waah, kok bisa cepet banget, cuma setengah hari) Ya iyalah.. cuma 5 lembar. Hahahah.. (tawa menyembunyikan sesuatu)

Setelah sholat Jum’at malah hujan. Ya sudah yang penting, nge-print proposal dan berkas-berkas yang akan dikumpulkan ke TU. Sebelum berangkat, gue cek terlebih dahulu proposal dan berkas-berkas lainnya, tak lupa pula bawa KTM. Buat apa sih bawa KTM segala? Buat jaga-jaga aja sih, trauma sama jari telunjuk mengarah ke jidat. Hahaha. Hujan tak kunjung reda. Akhirnya, di tengah guyuran hujan gue dan kak Hapit nekat naik motor menuju kampus.. demi proposal skripsi.

  • Tujuan pertama adalah PKSI, kami perlu tanda tangan Dosen Pembimbing Akademik dan Dosen Pembimbing Skripsi. (Why PKSI? soale emang kantor Dosen PA dan Dosen Pembimbing gue ada di sono)
  • Tujuan kedua adalah Kantor Prodi, kami butuh surat Penunjukan Pembimbing Skripsi yang dikeluarkan Pak Sekretaris Prodi dan ditandatangi oleh Pak Kaprodi. Meskipun menunggu sampai setelah ashar, alhamdulillah dapat juga tanda tangan dari pak Kaprodi. Memang di saat-saat genting seperti ini Kaprodi menjadi seperti artis, yang selalu dicari-cari penggemarnya.
  • Tujuan terakhir adalah TU, di sinilah berkas pengajuan seminar proposal dikumpulkan. Alhamdulillah, tumben banget Mr. W (baca: Dabelyu) masih setia menunggu loket TU sampai sore (16.30) Hahahah… Singkat cerita, hari-pun sudah ditentukan dan akhirnya gue akan menikah eh seminar proposal 3 hari setelahnya, yaitu hari Senin.

— Ini ceritaku… mana ceritamu? —

πŸ™‚

Catatan tambahan:

Buat teman-teman seangkatan dan seperjuangan yang sudah selesai KP, di depan sudah menanti skripsi yang harus dijalani (kalo mau lulus sih). Sebenernya ga perlu terlalu larut dalam kegalauan skripsi, jalani aja proses yang semestinya kalian jalani. Selama ada kemauan pasti jalan akan selalu ada. (sok wise banget #LOL)

Buat teman yang proposal skripsinya tidak diterima-terima karena harus revisi, ojo nangis. Hahaha.. bukan bermaksud menghina lho, cuma teringat pengerjaan karya tulis waktu SMA yang revisi-revisi melulu… yang lain sudah selesai, gue ternyata yang paling akhir selesai. Yah, setiap dosen/pembimbing punya sudut pandang pemikiran yang berbeda tentang skripsi. Frustasi menghancurkan potensi.

Bagi yang bingung belum dapat judul, sering-sering aja berkomunikasi dengan para dosen. Siapa tau ada tawaran judul skripsiΒ πŸ™‚ Ga ada dosen yang ga mau mahasiswanya lulus. Mereka malah seneng kalo mahasiswanya pada cepet lulus.

Bagi yang takut, trauma, grogi, minder ato apalah ketika berhadapan dengan petugas TU, ada sedikit tips nih: Pertama, selalu bawa KTM atau data diri yang lain. Kedua, sholat Dhuha dulu dan berdoa agar diberi kelancaran. Ketiga, ikuti aja prosedurnya. Kalo masih belum berhasil, ya sudah anda belum beruntung. Coba lagi di hari besoknya.πŸ™‚ Jangan sungkan bertanya ke Pak Kaprodi, insyaALLAH beliau mau membantu kalau kita-nya serius.

Buat yang lagi masa pengerjaan skripsi, selesaikanlah apa yang telah kamu mulai. Semoga kita semua diberi kelancaran dalam pengerjaan skripsinya. Aamiin…

Buat yang udah selesai skripsinya, dan mau daftar munaqosyah.. Makan2 dab!! Terus, ojo lali ndang tobat, semoga cepat dipertemukan dengan jodohnya.. khu khu khu,

Satu hal terakhir yang perlu selalu diingat: The scariest moment is always just before you start. (Stephen King)

Momen yang paling menakutkan itu bukan saat kamu menjalaninya, tapi nge-pas sebelum kamu akan memulainya.”

Fighting!!

4 thoughts on “Proposal Skripsi Dadakan

  1. Prabawati Nur Safitri says:

    haha, shock gue denger lo seminar kwkw,,
    bikin yang lain ikutan terbakar semangatnya,,
    #tapi ada yang juga yang malah down -_- khukhukhu..
    selamat yaa #uhuk2

    gue jadi tau, gmn kalo mo KP n Skripsi,, lumayan dapat gambaran, haha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s