Wisuda

 

Alhamdulillah, beberapa waktu yang lalu ane udah selesai mengurus pendaftaran wisuda. Yah, lumayan ribet juga sih, harus bolak-balik. Ke sana ke mari hanya untuk mencari tanda tangan, stempel, surat-surat pernyataan, dan juga bayar ini, bayar itu. Hufht, bagi orang yang sering menghabiskan waktu di depan komputer seperti gw ini cukup bikin capek juga. Tak apalah, masa-masa itu telah berlalu🙂

photoCAPDZ2LJ_thumb

Wisuda merupakan fase akhir yang harus biasa dilewati oleh mahasiswa dalam petualangannya di dunia perkuliahan. Sebenarnya sih wisuda ini nggak wajib #kayaknya. Soal-e cuma perayaan kelulusan (graduation ceremony) sekaligus perpisahan bagi mahasiswa se-universitas yang telah berhasil dalam misi munaqasyah-nya. Wisuda biasa dihadiri oleh mahasiswa-mahasiswa yang telah lulus dengan seragam khas yang biasa dikenal dengan nama toga. Kata toga berasal dari bahasa latin yang berarti penutup. Pakaian toga seringkali dikaitkan dengan pakaian khas pada masa Romawi kuno. Padahal, pakaian semacam itu sudah ada dan sering dipakai oleh masyarakat Etruskan (pribumi Italy) sebagai pakaian di luar rumah (baca selengkapnya: Toga). Seiring berjalannya waktu, pakaian toga berubah. Semula cuma berupa sehelai kain penutup tubuh sepanjang 6 meter, kini didesain menjadi jubah. Fungsinya pun berubah, dari pakaian biasa untuk luar ruangan menjadi pakaian untuk perayaan yang identik dengan perguruan tinggi, salah satunya contohnya adalah seragam wisuda. Tiap negara mempunyai desain seragam wisuda (toga) yang berbeda-beda. Di Indonesia, desain toga mirip seperti jubah yang biasa dipakai siswa-siswi di Hogwarts (nggak ngerti? baca: Hogwarts), berwarna dominan hitam dengan sedikit kombinasi warna lain sesuai dengan bidang yang dipelajari saat kuliah. Oh iya, tidak ketinggalan pula topi toga segilima (tapi entah kok ada juga yang segiempat) dengan kuncir di atasnya.

Kalo melihat orang-orang yang wisuda, terkadang terbesit tanya: siapa pendamping wisudanya? #eh salah. Mengapa sih toga kok warna dominannya hitam, jadi horor kan kesannya? Mengapa pula topinya pake kuncir, ditambah pula ada upacara pemindahan kuncir dari kiri ke kanan? Terus, topi toga kok bentuknya segilima bukane lebih aerodinamis kalo segitiga? Setelah melakukan investigasi via google, akhirnya ane dapat sedikit pencerahan, entah sumbernya valid atau hanya karangan pribadi ane juga kagak ngerti. Hahahaha.

Warna hitam dapat mewakili lambang kewibawaan.
Setelah kurang lebih 4 tahun menimba ilmu di perguruan tinggi, seorang mahasiswa seharusnya sudah menguasai banyak ilmu (terutama mahasiswa UIN dengan konsep kurikulum yang integratif dan interkonektif). Dengan banyaknya ilmu itulah seorang sarjana seharusnya bisa menjadi problem solver dari masalah yang muncul dengan mempertimbangkan banyak aspek, tidak hanya melihat dari satu aspek saja. Sikap bijak seperti itulah yang akan menjadikan sarjana menjadi orang yang berwibawa dan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi lingkungan dan juga masyarakat sesuai dengan bidang keahliannya demi kemajuan agama dan negara.

Topi berkuncir
Hehehe, alasan ada kuncirnya jujur aja ane kagak tau, tapi kuncirnya nanti digunakan untuk upacara pemindahan kuncir yang semula dari kiri ke kanan. Hal ini bermakna, selama menjadi mahasiswa otak yang dominan dipakai adalah otak bagian kiri, setelah lulus seorang sarjana diharapkan dapat menggunakan otak kanannya juga.

Well, itulah sedikit tentang wisuda. Tidak banyak yang ane ketahui karena emang belum pernah merasakannya, #lol. Selama kurang lebih 4 tahun kuliah, bagiku dapat ilmu, pengalaman, dan banyak teman udah lebih dari cukup.🙂

Wisuda bukanlah akhir dari segalanya. Malah mungkin adalah awal dari petualangan yang sesungguhnya. Masih banyak ilmu yang dapat dipelajari di luar bangku perkuliahan. Masih banyak pengalaman yang mesti dicari di luar kampus. Masih banyak relasi yang perlu dijalin di luar organisasi yang pernah kita ikuti sewaktu kuliah.

Satu pesan terakhir: “Jangan pernah mencoba menjadi sarjana pengangguran, dunia masih membutuhkanmu kawan.”

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s