Langkah Pajak Kendaraan Tahunan (Online) Solo

Sebagai warga negara yang baik, kita diharuskan membayar pajak. Banyak sekali macam-macam pajak di negara ini, salah satunya adalah pajak kendaraan bermotor tahunan. Di post yang sebenarnya udah lama ngendon ini, kita akan bicarakan tentang pajak kendaraan roda dua yang dibayarkan secara online. Apa sih online itu?  Apa saja yang dibutuhkan, dan bagaimana langkahnya? Selamat menyimak.🙂

Apa sih maksud Online?

Online yang dimaksud adalah motor yang pajaknya seharusnya dibayar di SAMSAT A dibayarkan di SAMSAT B. Contohnya gini: pajak motor ane seharusnya di SAMSAT Sukoharjo. Akan tetapi, karena rumah ane di Kartosuro, yang notabene jauh dari SAMSAT Sukoharjo (perjalanan kurang lebih 30 menit), akhirnya ane bayar pajak di SAMSAT Solo yang cuma 10-15 menit dari rumah.

Apa saja yang dibutuhkan dan perlu dipersiapkan?

 

  1. STNK asli, BPKB asli, dan KTP asli (pemilik STNK)
  2. Ballpoint (pulpen, bolpen, pena, atau terserahlah menyebutnya apa)
  3. Uang 5 ribu rupiah + pajak yang harus dibayarkan (tiap kendaraan berbeda-beda, bisa dilihat di STNK masing-masing)

keterangan:

“Eh, emang STNK, BPKB, dan KTP harus asli ya?” Iyaaa.. harus. Di mana-mana yang berkaitan dengan urusan data ya harus valid. Dalam hal ini, data akan dianggap valid dengan menunjukkan dokumen-dokumen yang asli.

“Oh iya, itu ada ballpoint buat apaan ya?” Itu untuk jaga-jaga aja sih kalo tidak tersedia ballpoint di SAMSAT nya. Soalnya entar perlu tanda tangan di formulir.

“Kalo uang pajak sih emang harus bawa, tapi uang yang 5 ribu untuk apa ya?”

Uang 5 ribu rupiah digunakan untuk: Parkir 2 ribu + Fotokopi 2 ribu + Plastik STNK 1 ribu.

source: wikimapia.org

source: wikimapia.org

Bagaimana langkah-langkah pajak motor tahunan?

Langkahnya:

Sebelum berangkat, siapkan semua dokumen, peralatan, dan uang yang dibutuhkan.

  1. Berangkat ke TKP dan jangan lupa berdoa dulu.
  2. Setelah sampai, langsung saja ke lokasi PARKIR. Entar dikasih karcis parkir dan disuruh bayar 2 ribu rupiah.
  3. Menuju tempat FOTOKOPI, di dekat pintu masuk halaman SAMSAT. Ada tulisannya kok, sante aja. Di situ, serahin STNK, BPKB, dan KTP yang sampeyan bawa. Petugasnya udah paham kok, ntar dikasih 2 lembar fc STNK, 1 lembar fc BPKB, dan 1 lembar fc KTP. Biaya-nya 2 ribu rupiah. Kok mahal? Kalo mau fotokopi sendiri di tempat langganan sendiri juga bisa kok🙂
  4. Selanjutnya menuju loket pengambilan FORMULIR, tempatnya ada di sebelah loket CEK FISIK. Di loket ini kita cuma serahin STNK dan KTP asli, kemudian akan diberi formulir. Karena SAMSAT Surakarta sudah memanfaatkan sistem informasi, formulir yang didapatkan sudah terisi secara lengkap. Jadi, kita tinggal tanda tangan doang di lembar belakang.
  5. Masuk ke gedung SAMSAT, langsung menuju loket pendaftaran pajak kendaraan roda dua tahunan. Kemudian taruh BKPB, STNK, KTP, dan formulir di tempat yang sudah di sediakan. Tunggu beberapa menit untuk dipanggil dan mendapatkan nomor antrian. (menurut pengalaman, ane nunggu sampai 30 menit)
  6. Kalau nama yang ada di STNK-mu udah dipanggil, langsung saja datang ke loket pendaftaran pajak tadi untuk mengambil nomor antrian bayar. Kemudian, tunggu di dekat loket pembayaran sambil memperhatikan nomor antrian yang terpampang di atas loket.
  7. Nomor antrian dipanggil, segera datang ke loket pembayaran dan bayar pajak. Kemudian duduk manis menunggu nama di STNK-mu dipanggil oleh petugas di loket penyerahan STNK. Loketnya ada di sebelah loket pembayaran.
  8. Proses terakhir adalah mengambil STNK di loket penyerahan STNK. Bayar Rp 1000 untuk membeli plastik STNK.
  9. Selesai.

Mudah banget kan? So, Gak perlulah pakai jasa calo yang ada di sana. Oh iya, kurang lebih ngabisin waktu 2 jam untuk mengurus semua itu. Lumayan lama (bagi orang sok sibuk kayak gw😛 ), terutama waktu antrinya. Tak masalahlah, waktu tunggu bisa kita isi dengan ngobrol sama orang-orang yang ikut antri, online socmed, baca buku, muroja’ah hafalan, dan sebagainya. Waktu 2 jam nggak akan terasa.

Semoga bermanfaat.🙂

One thought on “Langkah Pajak Kendaraan Tahunan (Online) Solo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s